Berita Pemerintahan

Business Riau

☆☆NEWS RIAU

☆☆☆Nasional

☆Kota Dumai

☆☆Pekanbaru

You are here

Masyarakat Dumai Inginkan Keterwakilan Perempuan, Nita Ariani Dinilai Layak Jadi Wawako

BUSINESSRIAU.COM, DUMAI - Kota Dumai mulai melakukan pemetaan dukungan dalam menghadapi pemilihan walikota (Pilwako) dan wakil walikota (Wawako) Dumai 2020 mendatang. Jelang 2020 tim pemenangan para kandidat sudah memperkenalkan calon yang layak dan patut untuk Kota Dumai.

Figur yang layak menjadi wako dan wawako tahun 2020 mendatang masyarakat ingin Keterwakilan Perempuan Memimpin Dumai. Nita Ariani Dinilai Mumpuni Menjadi Calon Wakil Kepala Daerah kedepannya.

Sebelumnya dikabarkan Syarudin Husin Ketua DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAM-R) Kota Dumai disebut-disebut maju. Juga Paisal SKM Kepala Dinas Kesehatan Dumai juga ikut dari jalur Independent (Non Partai). Selanjutnya muncul Ahmad Maritulius,SE salah seorang Pengusaha Media Massa yang juga sebagai tokoh masyarakat Dumai turut Berkompetisi Pencalonan Walikota Dumai.

Berikutnya Delyuzar Syamsi atau Bang Del dikabarkan maju untuk Balon Wako Dumai. Lalu H.Zulkarnain Noerdin yang merupakan Dosen dan Pengacara ini juga mencalonkan. Kemudian muncul lagi nama Fuad Fakhruddin SE diisukan maju Bakal Calon Wawako Dumai.

Dari sekian nama yang muncul masyarakat Dumai tidak banyak membahas mengenai bakal calon Wakil Walikota Dumai. Baru beberapa hari ini masyarakat mulai membahas Balon wakil walikota Dumai tersebut.

Padahal Wakil Kepala Daerah adalah wakil dari pucuk pimpinan (Kepala Daerah) di suatu wilayah pemerintahan. Sesungguhnya wakil kepala daerah punya kedudukan yang setara dengan kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, terkecuali dalam penentuan kebijakan.

Maka dari itu muncul Nita Ariani, S.Kep, M.Kep, Ph.D (Cand) tokoh perempuan muda dari kalangan profesional untuk diusung menjadi wakil kepala daerah.  Di zaman emansipasi wanita, pemimpin wanita tetap menjadi pertimbangan dan penentu disetiap jenis pekerjaan.

Dinilai, Pemimpin wanita lebih mendengarkan dan memahami kendala dengan sensitivitas perasaan yang dimiliki dan menggali lebih dalam permasalahan yang dihadapi. "Wanita memiliki insting dan kepedulian yang kuat. Tentunya keterwakilan perempuan memimpin Dumai perlu dipertimbangkan," sebut Marlina, salah seorang warga Jaya Mukti.

Selain itu, kata Dia, wanita lebih lebih tulus. Peduli dan mau berdiskusi terhadap kinerja bawahannya. "Pengalaman buk Nita sebagai Dosen dan pendidikannya yang mumpuni, tentunya layak untuk menjabat posisi wakil kepala daerah," terangnya.

Sementara itu warga Mundam, Mayadi, menyebutkan sudah banyak figur yang layak untuk Pilkada 2020 mendatang. Baik dari partai juga profesional, namun belum ada dari kalangan perempuan.

“Calon yang berpotensi, yang muda dan punya visi jelas akan kita perjuangkan. Buk Nita dari kalangan perempuan cocok untuk posisi Wakil Walikota Dumai," harap Mayadi. Ia mengakui bahwa nama Nita Ariani sudah mencuat dalam beberapa minggu belakangan.

Nita Ariani berpeluang sebab merupakan warga Dumai, besar dan bersekolah di Dumai, mulai dari SD 016 Buluh Kasap Dumai, SMP Datuk Laksamana Dumai dan SMAN 2 Dumai.

Setelah itu, wanita kelahiran 18 Agustus 1974 ini melanjutkan D3 Keperawatan di Padang, Sarjana S1 Keperawatan di Lampung, Profesi Keperawatan Bukit Tinggi (Ners), Magister (S2) Keperawatan Unand Padang, S3 Manajemen Keperawatan Kuala Lumpur (Sampai saat ini).

Anak dari pasangan H. Arlis dan Asnimar tersebut saat ini bekerja sebagai Dosen Akper Sri Bunga Tanjung (SBT) Dumai dari tahun 2015 sampai sekarang. Istri dari dr. Dasrinal, S.pM ini memiliki pendidikan dan pengalaman yang mumpuni untuk dapat menjalankan roda pemerintahan.

“Buk Nita menurut kami dapat diperhitungkan. Kota Dumai sudah seharusnya dipimpin anak muda yang energik yang memiliki kemampuan untuk memimpin,” kata Mayadi menambahkan.

Dilain waktu, Suci warga Kelurahan Rimba Sekampung memaparkan, fungsi wakil walikota untuk memantau dan mengevaluasi penyelengaraan pemerintahan daerah serta memberikan saran dan nota pertimbangan kepada kepala daerah dalam pelaksanaan pembangunan.

"Wakil Kepala Daerah membantu Kepala Daerah dalam memimpin urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah. Buk Nita punya kemampuan dan mumpuni dalam menjalankan tugas tersebut," tegas Suci kepada beberapa media di Kota Dumai. (Nav)


Business Riau

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply